Laman

Desa Pelangi di Sudut Kota Taichung


Berada di salah satu sudut kota besar Taichung, Taiwan terletak sebuah desa sederhana 'perumahan militer' - sebuah komunitas yang dibangun pada 1940-an dan 1950-an sebagai perumahan sementara untuk tentara Nasionalis, namun akhirnya menjadi pemukiman permanen. Selama bertahun-tahun, desa ini telah ditinggalkan , mengalami kerusakan kota, dan merupakan daerah yang kumuh. Tempat ini dulu menjemukan tapi kini telah berubah menjadi hotspot wisata yang indah dan bersemangat, berkat lukisan warna-warni Huang Yung-fu, seorang veteran 86-tahun dari Kota Taichung. Lukisan yang memenuhi seluruh desa membuat desa ini penuh warna seperti pelangi. Dengan gaya sederhana ia telah menghiasi desa kecilnya dengan lukisan aktor TV terkenal, tanaman, hewan dan barang-barang lainnya seperti burung, kerbau dan penduduk asli. 
Huang Yung-fu pertama melukis sekitar dua tahun lalu. Dia mulai melukis untuk kesenangannya sendiri menggunakan sisa-sisa peralatan dari kelas seni ketika ia masih kecil. Mahasiswa sebuah universitas tidak jauh dari desa tersebut menjadi orang pertama yang menemukan bakat orang tua ini dan mulai menyebar berita. Beberapa bahkan mengambil gambar dari lukisan dan dipublikasikan secara online. Informasi tentang lukisannya itu membuat para wisatawan harus terbang dari Malaysia, Jepang, dan Korea untuk melihat mereka. Desa yang dulunya kusam dan membosankan sekarang diakui sebagai salah satu tempat di pusat Kota Taichung yang wajib dikunjungi.
Huang Yung-fu tidak pernah membayangkan bahwa begitu banyak orang akan datang untuk menghargai seni lukisnya. Dia sekarang lebih sering melukis dan kini lukisan telah menjadi tujuan utama hidupnya.