Laman

Cara Kerja ATM Skimmer, Alat untuk Membobol ATM

Baru-baru ini terjadi pembobolan ATM yang cukup menghebohkan. 5 bank menjadi sasaran pembobolan ini, dan kabarnya kerugiannya mencapai lebih dari 4 miliar. Pembobolan ATM ini dilakukan oleh sindikat internasional yang sudah terorganisir. Untuk membobol kartu ATM, mereka menggunakan alat yang dinamakan ATM skimmer.

ATM skimmer merupakan sebuah alat yang akan mengkopi data pada kartu ATM seorang korban. Bentuknya mirip dengan lubang ATM secara umum dan memang ditempatkan untuk menutupi lubang ATM tersebut. Karena bentuknya yang tidak mencurigakan ini banyak korban yang tidak mengira bahwa ATM yang mereka akan gunakan telah dipasang ATM skimmer.Jika korban terlanjur memasukan kartunya ke dalam lubang ATM yang telah dipasang ATM skimmer, maka si pelaku pembajakan akan dengan mudah memiliki kartu ATM yang sama dengan kartu ATM yang digunakan oleh korban. Nah setelah memiliki kartu ATM tersebut pembajak hanya perlu mengetahui password yang digunakan oleh sang korban tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan kamera cctv yang dipasang sedemikain rupa sehingga bisa melihat jari-jari korban saat mengetikan PIN ATM yang mereka gunakan.


“Mesin ATM yang sudah terpasang ATM skimmer”


“Kamera yang nantinya akan mengintai PIN yang digunakan korban”


“Pada box tersebut kamera pengintai disembunyikan”

Setelah mendapatkan copy kartu ATM dan PIN tentu saja sang pelaku pembajakan akan dengan mudah menarik dan menggunakan uang si korban.

Dengan pemaparan tersebut diharapkan kita menjadi lebih waspada terhadap modus kejahatan seperti ini.

sumber: http://aspal07.wordpress.com/2010/01/20/pembobolan-atm-dengan-atm-skimmer/